Berita

Dorong Minat Wirausaha Mahasiswa IBT Technopark UPN Veteran Jawa Timur menyelenggarakan Workshop Pembuatan NIB


Inkubator Bisnis Teknologi Technopark LPPM UPN “Veteran” Jawa Timur menggelar kegiatan Workshop Pendaftaran Nomor Induk Berusaha (NIB) kepada calon tenant. Kegiatan tersebut di laksanakan di Gedung Technopark UPN “Veteran” Jawa Timur dengan narasumber Tarmizi Erfandi (Commissioner PT. Teknologi Insprirasi Nusantara). Selain itu, dalam kegiatan tersebut juga dilakukan Sosialisasi Program Pendanaan Inkubator Bisnis Teknologi Technopark LPP UPN “Veteran” Jawa Timur dengan narasumber Dr.Ir.Edi Mulyadi.SU selaku Kapus Inkubator Bisnis dan TTG.

Kegiatan Workshop Pendaftaran NIB merupakan bagian dari rangkaian kegiatan yang diawali dengan coaching pembuatan dan pendafatran NIB secara online. Nomor Induk Berusaha (NIB) merupakan identitas Pelaku Usaha dalam rangka pelaksanaan kegiatan berusaha dan berlaku selama menjalankan kegiatan usaha sesuai ketentuan perundang-undangan. NIB terdiri dari 13 digit angka yang dilengkapi dengan tanda tangan elektronik dan juga sistem pengaman. Pemilik usaha dapat mengurus seluruh perizinan secara online. Dengan melakukan registrasi di Online Single Submission (OSS), pemilik usaha juga dapat memperoleh NIB (Nomor Induk Berusaha), yang fungsinya serupa dengan NIK bagi warga negara. NIB dapat menjadi langkah awal untuk mempercepat proses perizinan usaha. Karenanya, tentu wajib bagi pemilik usaha untuk segera mendaftarkan perusahaannya melalui sistem OSS untuk mendapatkan NIB.

Kemudian dengan adanya Sosialisasi Pendanaan Program Inkubator Bisnis Teknologi Technopark LPPM UPN “Veteran” Jawa Timur dengan tujuan mensosialisasiakn bahwa IBT penyediaan fasilitas, pengembangan usaha, seed funding untuk pengembangan produk baru agar dapat berkembang menjadi perusahaan yang mandiri dan berkelanjutan.

Dengan adanya Workshop Pendaftaran Nomor Induk Berusaha (NIB) dan Sosialisasi Pendanaan Program Inkubator Bisnis Teknologi Technopark LPPM UPN “Veteran” Jawa Timur , diharapkan nantinya para tenant mendapatkan banyak manfaat untuk menunjang pengembangan usahanya sehingga semakin naik kelas. Tentunya hal tersebut memerlukan berbagai inovasi baik dari para tenant itu sendiri. Selain itu program tersebut juga memberikan kesempatan bagi pemilik usaha pemula guna mencari peluang permodalan, mengatur finansial dengan baik, dan berinovasi secara maksimal.