Berita

Direktur BPBRIN UNAIR Berikan Arti Baru untuk Sebuah Bisnis


Melanjutkan kegiatan coaching sebelumnya, pada tanggal 25 September 2023 bertempat di Ruang Seminar Gedung Technopark UPN Veteran Jawa Timur diadakan Coaching ke-3 dengan tema Pitching Strategy For Business Negotiation yang disampaikan oleh Prof. Dr. Muhammad Nafik Hadi Ryandono, SE., M.Si selaku Direktur BPBRIN Unair.

Beliau merupakan penggiat Ekonomi Syariah banyak memberikan pengalaman hidupnya dalam melakukan bisnis dan menggerakkan mahasiswanya untuk berbisnis karena menurut beliau dengan menjadi pengusaha banyak memberi manfaat ke orang lain terutama dalam mengurangi kesenjangan ekonomi di Indonesia.

Kondisi berbanding terbalik Indonesia dengan sumber daya alam yang melimpah dan pengusaha yang sangat sedikit, hal itulah yang menimbulkan Indonesia tidak bisa menjadi negara maju ujar Wakil Ketua ICMI., karena produk-produk yang beredar di Indonesia kebanyakan Produk Import. Dengan berlatar belakang kondisi tersebut beliau sangat bersemangat untuk membentuk pengusaha-pengusaha muda mulai dari kampus Unair yang selanjutnya diharapkan mampu menjadi penggerak untuk saling berkolaborasi dengan pengusaha muda yang lainya terutama di kampus UPN.

Sebelum membuat pitch deck Nafik selalu menanyakan cita-cita terlebih dahulu karena kalau masih punya cita-cita untuk berkarir maka dia tidak akan bisa total dalam berbisnis. Kunci utama orang berbisnis harus total semua mulai dari waktu, pikiran, maupun dana.

“Orang dalam berbisnis ada beberapa hal yang perlu di perhatikan, pertama memahami siklus startup, hal ini sangat berpengaruh sukses tidaknya pitching karena kalau salah mengambil keputusan maka resiko yang akan dihadapi adalah bisnisnya akan bangkrut. Kedua Meyakinkan konsumen, karena target jualan mereka jadi pembisnis harus bisa mempengaruhi dengan data yang relevan. Ketiga meyakinkan Investor dengan memberikan story yang bagus karena investor lebih suka hal-hal yang tercatat dengan bagus dan yang penting jujur” ucap Prof. Dr. Muhammad Nafik Hadi Ryandono, SE., M.Si .

Dalam kesempatan ini hadir pula CEO bayibunda.id, Ichlasul Amal Rangga Winata beliau merupakan Pengusaha yang di didik langsung Bapak Nafik di Inkubator Bisnis Unair. Bayibunda.id merupakan bisnis ke 13 yang dirintis beliau, bisnis-bisnis sebelumnya gagal semua, ujar Winata sapaan beliau. Beliau bercerita banyak tentang pengalaman dan jatuh bangunya dalam membangun bisnis bayibunda.id serta memberikan contoh pitching yang bisa di meyakinkan investor.